tagline fgbmfi

Firman Tuhan Seperti Api

firman tuhanBaca: 1 Petrus 1:3-12

"Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya." 1 Petrus 1:7

Selain berfungsi menerangi dan menghangatkan, api juga berfungsi untuk memurnikan. Emas yang murni adalah hasil dari proses pemurnian dengan api. Cara pemurnian emas ditempuh lewat proses pembakaran. Logam emas dibakar dengan suhu yang sangat tinggi sampai mencair. Setelah mencair, kotoran-kotoran yang melekat pada emas seperti karat, debu, atau logam-logam lain akan mudah dipisahkan dan disingkirkan. Proses ini terus dilakukan secara berulang-ulang sampai pada akhirnya diperoleh emas yang benar-benar murni, terbebas dari segala kotoran dan unsur logam lainnya.

Seperti halnya emas diproses hingga menjadi emas murni, setiap orang percaya pun harus melewati proses pemurnian. Saat diproses memang sakit secara daging, tetapi semua mendatangkan kebaikan bagi kita supaya sifat-sifat lama kita hilang. Ayub berkata, "Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas." (Ayub 23:10). Ketika sedang berada dalam masalah, penderitaan, kesengsaraan atau pergumulan hidup yang berat kualitas iman seseorang akan terlihat. Tuhan berfirman: "Sesungguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan." (Yesaya 48:10). Setiap orang yang sudah mengalami 'api' pemurnian dari Tuhan hidupnya pasti akan berubah dan berbeda. Tokoh-tokoh di Alkitab dan tak terkecuali hamba-hamba Tuhan juga pasti mengalami dan merasakan proses dari Tuhan ini.

Maleakhi menubuatkan tentang kedatangan Sang Mesias (Kristus), sebagai api tukang pemurni logam dan sabun tukang penatu. "Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu." (Maleakhi 3:2). Kristus datang untuk memurnikan dan membersihkan umat-Nya dari kecemaran.

Jangan sekali-kali memberontak saat masuk dalam 'api' pemurnian Tuhan!

Posted in Renungan Harian

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test