tagline fgbmfi

Semangat Hidup Itu Penting Bagi Kita

semangatAyat Pokok: (Zefanya 2:1)

Pendahuluan

Satu hal yang iblis sedang bunuh hari-hari ini adalah semangat. Banyak istri yang lihat suami sendiri tidak bersemangat. Banyak suami yang tidak bersemngat lihat istri sendiri, tetapi lebih bersemangat lihat istri tetangga. Beragam persoalan yang seringkali menimpa kita juga acapkali membuat kita kelihalngan semangat.

Banyak anak-anak muda yang tidak bersemangat menghadapi hidup ini. Apalagi dengan pelayanan dan hal-hal kerohanian, lebih tidak bersemangat. Salah satu yang setan mau buat adalah membunuh semangat. Semangat adalah awal dari iman. Kalau kita lihat orang-orang beriman, mereka pasti semangat.

Kalau kita perhatikan wanita yang sudah 12 tahun pendarahan, yang dikisahkan dalam Alkitab, pasti dia adalah orang yang bersemangat. Ketika Daniel di buang ke goa singa, sebetulnya yang mau dibunuh dari Daniel adalah semangatnya. Secara manusia, apa yang bisa diperbuat kalau sudah berada di goa singa?

Ketika Sadrakh, Mesakh, Abednego dimasukkan ke goa singa, sebenarnya yang mau dibunuh dari mereka adalah semangat.. Tetapi yang luar biasa dari mereka, meskipun semangat mereka dicoba hendak di bunuh, tetapi mereka tetap semangat.

Mereka  bahkan berkata," Jikalau Allah kami, yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu dan dari tanganmu ya raja, tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak  akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." (Daniel 3:17-18). Meskipun semangat mereka dicoba untuk dibunuh, tetapi mereka tetap semangat.

Dalam kitab Rut, kita juga melihat seorang yang penuh semangat yang bernama Mordekhai. Ia ada dalam keputusan yang sangat sulit. Seluruh orang Yahudi menghadapi ancaman hendak di bunuh mati. Tiang gantungan sudah disiapkan untuk membunuh Mordekhai. Tetapi Mordekhai tidak patah semangat. Ia datang kepada Ester dan  berkata," Karena kamu di istana raja, lakukan sesuatu untuk membantu bangsamu" Ketika Ester berkata." Maaf paman, saya tidak bisa berbuat banyak," Mordekahi tidak kemudian kehilangan semangat. Ia berkata," Kalau kami tidak menolong kami, bagi kami tetap datang pertolongan. Dengan kata lain, Mordekhai tidak patah semangat. Ester membenarkan hal ini. Iakemudian mengajak bangsa Yahudi untuk berdoa dan berpuasa. Ester berubah menjadi orang yang bersemangat dan ia berkata," Kalau terpaksa aku mati, aku siap". Inilah orang yang bersemangat. Orang-orang yang bersemangat, dia tidak mau peduli apa yang akan terjadi. Dipihak Tuhan kita  selalu rebut kemenangan.

Zefanya 2:1-2

"Bersemangatlah dan berkumpullah, hai bangsa yang atuh tak acuh, sebelum kamu dihalau seperti sekam yang tertiup, sebelum datang ke atasmu murka TUHAN yang bernyala-nyala itu, sebelum datang ke atasmu hari kemurkaan TUHAN. Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukumNya; carilah keadilan, carilah kerendahan  hati; mungkin kamu akan terlindungi pada hari kemurkaan TUHAN"

Kalau kita bicara tentang bertobat, biasanya kita perpikir tentang membunuh, berzinah, menyembah berhala, merampok. Tetapi ayat ini berkata," bersemangatlah,". Berarti orang-orang yang tidak punya semangat harus bertobat. Mengapa, Alkitab berkata, kala kita dekat dengan Tuhan pasti akan bersemangat. Kedekatan kita dengan Tuhan, pasti akan mempengaruhi semangat kita. Daud berkata: melewati bayang-bayang maut sekalipun aku tidak takut bahaya.," Kalau kita tidak bersemangat, tidak ada satupun mujizat yang akan kita terima. Tuhan tidak mau bekerja dengan orang yang acuh tak acuh. Paulus pernah berkata" Aku cakap menanggung segala perkara di dalam Kristus yang memberi kekuatan kepadaku"( Filipi 4:13).

Semangat yang perlu kita miliki?

Semangat untuk apa saja yang perlu senantiasa kita miliki?

1. Semangat untuk mengadakan perubahan

Hidup yang setia adalah hidup yang  penuh dengan perubahan. Jangan kita berprinsip karena Tuhan Yesus tidak berubah, saya juga tidak mau berubah. Justru karena Tuhan Yesus tidak pernah berubah, maka kita harus berubah.Kalau kita tidak mau berubah, maka kita tidak akan pernah menuju sesuatu yang lebih baik.Orang-orang yang dikasihi dan mengasihi Kristus senang berubah. Mengapa? Karena inti hidup Kristen adalah yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah terbit. Setiap hari harus bernama hari perubahan dalam hidup kita. Setiap hari bisa saja ada kekurangan dalam hidup kita. Bisa saja ada kesalahan kita. Bisa saja ada hal-hal yang perlu kita benahi supaya lebih baik lagi. Seringkali kita jadi orang yang mudah apatis,Setan senang kalau kita menerima keadaan yang seharusnya kita tidak bisa terima. Ada banyak orang tidak mau berubah, Ketika di tegur orang, ditegur firman Tuhan, ujung-ujungnya tersinggung.

2. Semangat untuk menghadapi tantangan

Hidup Kristen adalah peperangan. Ketika kita menjadi Kristen, pada saat yang bersamaan kita menjadi musuhnya setan. Alkitab berkata," Lawanmu si  iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari mangsa yang dapat ditelannya, (1 Petrus 5:8). Artinya, setan paling senang, menyerang orang-orang percaya. Tapi kita ingat janji Tuhan yang berkata" Walau seribu rebah di sisimu, dan sepuluh ribu rebah di sisi kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu ( Mazmur 91:7).

3. Semangat untuk mengalami kemajuan dan peningkatan

Allah kita adalah Allah yang senang dengan kemajuan. Allah kita bukan Allah yang statis. Salah satu virus yang  berbahaya adalah virud GGD ( Gitu-Gitud Doang). Ada banyak orang Kristen yang 10 tahun yang lalu, sampai sekarang, gitu-gitu doang. Allah merindukan kita mengalami kemajuan dan peningkatan.

4. Semangat untuk selalu mendahulukan kehendak Tuhan

Alkitab berkata,bukan kehendakku yang jadi, tapi kehendak-Mu jadilah. Alkitab berkata, cari dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka segalanya akan di tambahkan kepadamu.

Penutup

Kiranya kita menyadari betapa kita perlu untuk membangun semangat dalam kehidupan kita.

Posted in Special Teaching

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test