tagline fgbmfi

Kekuatan Untuk Mengalami Terobosan

terobosanMikha 2:13, Penerobos akan maju di depan mereka; mereka akan menerobos dan berjalan melewati pintu gerbang dan akan keluar dari situ. Raja mereka akan berjalan terus di depan mereka, TUHAN sendiri di kepala barisan mereka.

Setiap dari kita pasti pernah melihat film mengenai penyerbuan kastil di abad pertengahan. Betapa sulitnya menembus pintu gerbang sebuah kota yang berkubu. Untuk pasukan penyerang, mendekat saja kadang sangat sulit karena yang menjaga kota akan meluncurkan panah, melemparkan batu, menuang minyak panas, dan apapun juga supaya si penyerang jera dan gagal merebut kota. Tapi kita juga tahu dan sejarah juga mencatat bila pintu gerbang sebuah kota sudah bobol, hancur, dan terbuka; maka kota itu PASTI akan diduduki dan pasti menderita kekalahan.

Setiap dari kita dalam kehidupan ini selalu sedang menaklukan sesuatu. Apakah itu mungkin sebuah proyek, persaingan bisnis, keutuhan rumah tangga, atau mungkin kebiasaan buruk, kesombongan, dosa yang tersembunyi, apapun itu. Selama itu sesuai dengan Firman Tuhan dan menyenangkan Tuhan, kita harus terus maju dan menaklukan apapun yang menjadi tujuan hidup kita. 

Paulus menulis mengenai salah satu kubu yang harus dihancurkan, 2 Korintus 10:5, Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus.

Jemaat yang terkasih, ada kabar baik! Anda tidak usah melakukannya sendiri, Firman Tuhan berjanji PENEROBOS akan maju di depan mereka! Bahkan di ayat yang sama tertulis bahwa si PENEROBOS itu adalah Raja dan TUHAN kita. Siapakah Dia? Dia adalah Master Breakthrough kita, namanya Yesus.

Dalam bahasa aslinya, kata PENEROBOS memakai kata PARATS yang berarti, the one who breaks open the WAY, atau orang yang membuka dan membuat JALAN di depan orang lain, supaya orang lain bisa melewati JALAN itu. Ah, lega hati saya Yesus sendiri mengaku di Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah JALAN dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Dia adalah PENEROBOS kita! Yesus adalah yang menghancurkan pintu gerbang musuh buat Anda dan saya.

Bagaimana mengalami terobosan (breakthrough) dan pertolongan Tuhan?

Sesuai dengan Mikha 2:13 saya bisa mengambil 3 kesimpulan:

1.Biarkan DIA ada di depan.

Biarkan Tuhan yang memimpin. Betul Anda bekerja, berusaha, dan berjuang, tetapi siapa yang memimpin hidupmu? Sudahkan Anda menaruh Kristus di tempat yang paling depan dalam kehidupan Anda? Atau seringkali Anda mengambil kendali atas hidupmu yang seharusnya mengalami pimpinan Kristus?

2.Berjalanlah melewati pintu gerbang.

Mengikuti metode Tuhan kadang lambat, berat, dan penuh tantangan. Tetapi sadarilah, itu yang terbaik buat kita. Jangan ambil jalan pintas, jangan melewati tembok, ikutilah proses Illahi, jangan mencari mudahnya dan menghalalkan segala cara. Yohanes 10:1 “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok;

3.Pastikan Anda keluar dari situ.

Seringkali orang hidup dalam keadaan masa lalu; dahulu saya melakukan A, tahun lalu saya melakukan B, dan terus tinggal dalam kemenangan dan terbosan hari kemarin. Terobos, kemudian keluar dari kota itu setelah kemenangan, jangan berleha-leha dalam kemenangan masa lampau. Karena ada kota lain, terobosan lain, kemenangan lain menanti Anda bersama dengan Kristus.

Melalui tulisan ini saya mengajak kita semua mengalami terobosan dalam kehidupan kita karena kita tahu, Raja kita yang menerobos di depan kita.

Hidup akan sangat menggairahkan jika kita selalu menang dalam menghadapi setiap tantangan dalam kehidupan kita. Tetapi bagaimana jika tantangan dalam kehidupan itu seperti benteng kokoh yang sukar ditembus sekalipun berbagai cara sudah dilakukan? 

Kondisi seperti ini seringkali membuat kita menjadi frustrasi, lelah dan akhirnya tidak memiliki keberanian untuk menghadapinya.

Jika Anda mengalami hal seperti ini bagaimana Anda menghadapinya? Anda tak perlu kuatir, karena janji FirmanNya akan membuat Anda untuk bangkit dan menerobos setiap tantangan-tantangan itu. Daud mengatakan dalam 2 Samuel 5:20, “TUHAN telah menerobos musuhku di depanku seperti air menerobos.”

Mari buka Markus 2:1-5, kita  belajar bagaimana  caranya Tuhan Yesus  dapat membawa kita untuk menerobos dan merobohkan segala benteng rintangan yang kokoh dan tebal dalam kehidupan kita.

1.“Ia ada dirumah”.(Ayat 1-2), KehadiranNya (HadiratNya) Rumah bercerita tentang: Kehidupan Anda (1 Korintus 3:16), rumah tangga Anda. Apakah Yesus diundang hadir didalam kehidupan Anda? Dalam Wahyu 3:20 dikatakan “Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku”. Dia ingin selalu hadir dalam hidup Anda. Dia ingin tinggal dalam kehidupan Anda, untuk memampukan Anda melakukan berbagai perkara (Yohanes 15:5; Filipi 4:13).

2.Seorang lumpuh (Ayat 3), ini berbicara tentang Mentalitas.Tinggal dalam kondisi tertekan dalam waktu yang cukup lama seringkali membuat kita merasa takut untuk melangkah, ada trauma-trauma sehingga Anda seperti orang yang lumpuh, tidak memiliki semangat, putus asa, tidak memiliki mental menaklukkan. Yesaya 35: 6a “Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa…”

Mefiboset timpang, ia anak Yonathan, cucu Saul (2 Samuel 4:4); Daud tidak suka orang pincang, dan tidak boleh datang ke bait Allah (2 Samuel 5:6-9), Tetapi oleh kasih Allah, dan karena perjanjiannya dengan Yonathan, Daud mengundang Mefiboset dan memulihkan keadaannya (harta) dan makan bersama (2 Samuel 9:8, 10, 11). Tuhan memiliki Covenant dengan kita (Gal.3:29), Ia akan memulihkan kita, karena kita adalah umat PerjanjianNya.

3.. . . digotong oleh empat orang (Ayat 3), 

Miliki persekutuan Orang lumpuh ini memiliki teman yang luar biasa. Anda akan lebih mudah menghadapi tantangan jika Anda berteman dengan orang-orang yang tidak skeptik tetapi memiliki iman yang besar. Dari mereka kita akan mendapat nasihat yang benar (Amsal 15:22: 24:6).

4.Mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring Ketik Yesus melihat iman mereka… (Ayat 4-5). Miliki IMAN dan Jangan putus asa!

Bersama TUHAN bukan berarti tidak ada tantangan, Dia ijinkan ada tantangan dihadapan kita, agar kita tetap dalam persekutuan dengan-Nya dan bergantung pada-Nya. Jadi, saat menghadapi tantangan, Jangan biarkan Ia tinggal tenang, berdoa terus (Yesaya 62:6-7). Lebih baik membuat Tuhan repot dan kita menerima mujizat daripada diam tetapi kehilangan berkat (Baca : Lukas 18:1-8).

Iman Andalah yang akan menggerakkan Tuhan melakukan kuasaNya. jangan menyangkal kuasa-Nya, bukan ketidakmampuan Anda tapi kemahakuasan-Nya. Percayalah DIA SANGGUP menolong dan memulihkan hidupmu.

Sumber : jamesmuaja.com

Posted in Special Teaching

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test