tagline fgbmfi

4 Tips Agar Manajemen Keuangan Berjalan Baik

manajemenSalah satu kunci memajukan bisnis bukan sekadar dengan meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Tapi, mengatur keuangan dengan perencanaan yang tepatlah yang kadang menjadi unsur utama sehingga perusahaan bisa berjaya.

Sebuah ungkapan menyebutkan, bahwa agar bisa mendapatkan keuntungan untuk mencapai penjualan yang maksimal, maka ada tiga hal yang harus diperhatikan, lokasi, lokasi, dan lokasi. “Hukum” ini memang masih berlaku hingga kini. Namun, sekadar lokasi saja tentu tidak akan jadi keuntungan jika bisnis yang dijalankan tidak dilandasi dengan manajemen andal yang bisa mengatur segalanya dengan baik dan penuh keteraturan.

Karena itu, satu hal lagi yang belakangan menjadi perhatian utama demi kemajuan perusahaan adalah cashflow, cashflow, dan cashflow. Aliran dana inilah yang harus terus diperkuat dan dijadikan landasan untuk mencapai keuntungan perusahaan. Sebab, pada banyak kasus, banyak perusahaan yang tidak bisa mengatur  cashflow akhirnya ambruk diterjang krisis.

Sebagai pebisnis kita selayaknya sadar, bahwa manajemen keuangan menjadi salah satu kekuatan dasar yang harus dikuasai dengan baik. Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar manajemen keuangan berjalan baik dan tidak merugikan perusahaan.

1. Saring pelanggan

Prinsip ini bukannya mengajarkan kita untuk memilih-milih pelanggan dan memperlakukan antarpelanggan dengan cara yang berbeda, tapi di sini kita butuh kewaspadaan agar kredit atau pembayaran tidak menjadi masalah bagi kita di kemudian hari. Maka . Maka, berikan pinjaman hanya kepada pihak-pihak yang terbukti sudah dipercaya. Atau, berikan perpanjangan masa kredit atas rekomendasi orang-orang yang telah sangat dekat dengan perusahaan dan terbukti semua omongannya mengandung kejujuran.

2. Buat sistem dan prosedur akuntansi yang efektif

Pada banyak perusahaan besar, sistem akuntansi keuangan biasanya sudah menggunakan software yang canggih. Sehingga, jauh sebelum masa tenggang pembayaran yang harus ditagih datang, “mesin” akan mengingatkan kita. Bahkan, surat tagihan untuk mengingatkan pun bisa tercetak dengan otomatis dan segera terkirim secara online melalui email. Namun, sekadar pemberitahuan saja belum cukup. Semua itu harus pula diperkuat dengan sistem tagih yang sudah terstruktur pula. Misalnya, setelah dikirim surat tagih dengan masa tenggang 10 hari, akan ada tindakan awal, misalnya ditagih melalui telepon, didatangi, dan jika perlu, ada tindakan hukum saat sudah kelewatan.

3. Fokus pada manajemen keuangan dan perencanaan cashflow

Banyak perusahaan yang sudah senang saat ada untung di atas kertas (padahal uang yang harus didapat, masih ditunda pembayarannya). Dan, karena merasa sudah untung, maka perusahaan tak segan melakukan ekspansi usaha. Akibatnya, saat dana yang ditagih macet, usaha pun jadi seret. Maka pembayaran harus dibuat dengan perjanjian dan masalah keuangan harus diatur dengan kebijaksanaan. Dengan cara tersebut, perusahaan akan mampu memperoleh keuntungan sesuai yang diharapkan.

4. Memupuk surplus pada saat sukses

Sebuah ungkapan menyebutkan, saat kita kaya dan tetap tak mengubah gaya hidup, maka kekayaan kita akan makin meningkat. Hal yang sama berlaku pula untuk bisnis yang kita jalankan. Saat banyak keuntungan yang didapat, itu sebenarnya bukanlah masa untuk memboroskan uang. Boleh saja kita membeli barang-barang yang produktif, misalnya untuk menambah kapasitas produksi. Tapi, jangan terjebak untuk membeli barang yang cenderung konsumtif, seperti memperbaiki tampilan toko, membeli perabotan yang sebenarnya kurang perlu, dan sebagainya. Justru, saat surplus inilah, kita perlu makin bijak dalam membelanjakan uang. Sebab, tak selalu perusahaan dalam kondisi selalu untung. Pada saat berada pada zona negatif, keuntungan yang disimpan kala mendapat surplus ini akan jadi penyelamat.

Begitulah 4 tips agar manajemen keuangan bisa berjalan dengan baik. Bijaklah dalam membelanjakan keuangan perusahaan. Dan, kita pun perlu tegas untuk menagih pembayaran yang menjadi hak kita.

Jadi, bagaimana dengan perencanaan keuangan kita hari ini? Dan, hal lain apakah yang harus kita perhatikan untuk memperoleh hasil maksimal?

Sumber : andriewongso.com

Posted in Marketplace

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test