tagline fgbmfi

Sukses Produk Teknologi Dimulai dari Panggung

panggung"Seseorang boleh saja mempunyai gagasan yang paling hebat di dunia, bahkan berbeda dengan yang sudah ada dan orisinal. Akan tetapi jika orang itu tidak dapat meyakinkan orang lain, gagasan itu tidak ada artinya."

Kutipan itu ada di bagian pembuka dari buku karya Carmine Gallo (seorang kolumnis, penulis buku laris, wartawan dan pembawa acara TV), yang berjudul The Presentation Secrets of Steve Jobs (diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Rahasia Presentasi Steve Jobs).

Dari situ saja ketahuan kalau buku ini membahas rahasia almarhum Steve Jobs dalam membuat presentasi produk. Dan dunia tahu, betapa hebatnya ia bercerita di panggung sampai-sampai mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama pun mengaguminya dan menyebut Jobs sebagai "orang yang memiliki bakat bercerita".

Menurut Carmine, Jobs adalah pakar dalam menciptakan "penjahat". Penjahat itu bisa kondisi antagonis yang ada saat ini, seperti keterbatasan produk yang ada sekarang. Setelah kondisi itu diperkenalkan ia kemudian memunculkan pahlawannya, yaitu produk Apple yang ia perkenalkan. "Dengan kata lain, produk Apple datang untuk menyelamatkan dunia," tulis Carmine.

Karena itu, ketika Jobs mempresentasikan produk barunya, tak terasa kalau ia sedang menawarkan suatu produk. Para audiens duduk tenang menunggu sang pahlawan. Dalam presentasi Jobs pahlawan tidak harus selalu menghancurkan si penjahat, tetapi bisa untuk membuat hidup lebih baik. Itulah gambaran produk-produk Apple.

Apakah sukses presentasi Jobs karena kecanggihan alatnya atau kemampuan komunikasi Jobs yang luar biasa? Seperti diungkapkan di awal bukunya, tanpa komunikasi yang bagus, sebagus apa pun suatu produk tak akan bisa berhasil di pasaran. Karena itu presentasi merupakan tahap penting. Sayangnya, tak semua orang bisa meyakinkan audiens (konsumen) akan kecanggihan produknya. Di sinilah peran kunci "rahasia" Jobs itu yang dibahasa Carmine di buku ini.

Di antara rahasia itu adalah menciptakan sebuah kisah merek yang menginspirasi, menjawab satu pertanyaan yang paling penting, melukiskan visi yang spesifik, mudah diingat dan konsisten, membuat angka menjadi bermakna, dan sebagainya. "Yang akan Anda pelajari adalah bahwa Steve Jobs adalah seorang penjual yang mempunyai daya tarik tinggi yang menjual ide-idenya dengan bakat yang akan mengubah para prospek menjadi pelanggan dan pelanggan menjadi pemuja," tulis Carmine.

Dunia industri IT memang perlu "penerus" bakat Steve Jobs, yang tak hanya pandai membuat produk inovatif untuk mempermudah dunia, tetapi disertai bakat menjual yang luar biasa, yang dimulai dengan presentasi menakjubkan di atas panggung. Kabar baiknya, kemampuan itu ternyata bisa dipelajari, antara lain melalui buku dan berbagai pelatihan.

Anda siap?

Sumber : andriewongso.com

Posted in Marketplace

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test