tagline fgbmfi

Persistence (Kegigihan)

persistenceMenghadapi akhir tahun dan memasuki awal tahun yang baru, banyak orang membuat komitmen tentang hal-hal tertentu. Kebanyakan komitmen itu berisi tentang janji untuk berubah menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Mari kita bayangkan sejenak. Jika sejak usia 13 tahun Anda berkomitmen untuk memperbaiki tiga hal saja setiap tahunnya, dan benar-benar menepati komitmen itu, berapa banyak perkembangan yang telah Anda hasilkan sekarang?

Jika saat ini Anda berusia 26 tahun, maka Anda telah membuat hidup Anda lebih baik dalam 39 hal.

Jika saat ini Anda berusia 40 tahun, maka Anda telah membuat hidup Anda lebih baik dalam 81 hal. 

Jika saat ini Anda berusia 50 tahun, maka Anda telah membuat hidup Anda lebih baik dalam 111 hal.

Namun, mengapa banyak orang memiliki kualitas pribadi yang tidak terlalu banyak berubah setelah melewati belasan atau bahkan puluhan tahun? Apakah karena banyak orang tidak mampu untuk menghasilkan tiga perubahan baik saja di dalam hidupnya tiap tahunnya? Saya rasa jawaban sebenarnya adalah karena banyak orang kurang gigih.

Kegigihan memampukan Anda meraih kemenangan bersama dengan Allah

Alkitab menekankan pentingnya kegigihan dalam hidup. Di dalam 2 Samuel 11:3 (BIMK), tercatat sebuah keberhasilan yang dialami tentara Israel dalam mendesak tentara Amon yang lebih kuat. “Utusan itu berkata, ‘Lawan kami lebih kuat dan mereka keluar dari kota menyerang kami di padang. Tetapi dengan sangat gigih kami mendesak mereka kembali sampai ke pintu gerbang kota.’”

Menciptakan perubahan-perubahan positif di dalam diri dapat diibaratkan sebagai sebuah peperangan. Kebiasaan lama yang tidak efektif dan tidak efisien itu telah tinggal lama di dalam diri Anda sehingga telah terbangun kota dengan benteng yang kuat. Diperlukan sebuah perjuangan yang gigih untuk merubuhkan benteng-benteng itu dan menduduki kota itu.

John Maxwell, pakar pengembangan diri dan kepemimpinan kelas dunia, pernah mengatakan bahwa banyak orang gagal meraih kemenangan dan keberhasilan-keberhasilan di dalam hidup karena mereka menyerah sedikit terlalu cepat. Banyak orang gagal mencapai kemenangan yang ditargetkan karena mereka terlalu cepat memutuskan untuk keluar dari peperangan tersebut.

Setiap kali Anda merasa tekanan dan kesulitan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan lama yang buruk itu menjadi semakin berat dan pikiran serta hati Anda mengepung Anda dengan kegagalan-kegagalan di masa lalu, lawanlah dorongan untuk menyerah itu dengan mengatakan, “Aku akan mencobanya satu kali lagi.” Ya! Lakukan satu kali lagi perjuangan itu, maka Anda akan mendapati diri Anda tidak akan pernah menyerah.

Kegigihan memampukan Anda bertahan dalam jalan yang sulit

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua perubahan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Seorang bayi umumnya memerlukan waktu sekitar enam bulan untuk dapat merangkak. Kebanyakan kita memerlukan waktu sekitar enam tahun untuk dapat membaca dengan cukup lancar. Beberapa proses pengembangan diri, seperti menjadi seorang suami atau istri atau orang tua yang baik, bahkan memerlukan waktu seumur hidup. Karena itu, kegigihan sangat diperlukan agar Anda dapat bertahan dalam masa-masa sulit itu, sebelum perubahan baik itu menetap permanen.

Penulis surat Ibrani pernah mengatakan hal yang sama demikian:

“Ingatlah bagaimana keadaan Saudara-saudara pada waktu yang lalu. Pada waktu itu, setelah cahaya Allah menyinarimu, kalian banyak menderita; namun kalian tetap berjuang dengan gigih.... Oleh karena itu, janganlah putus asa, sebab kalau kalian tetap percaya, maka ada upah yang besar untuk itu! Kalian perlu bersabar, supaya kalian dapat melakukan kehendak Allah dan dengan demikian menerima apa yang dijanjikan-Nya.” (Ibrani 10:32,35-36, BIMK)

Jika Anda gigih mengembangkan diri, perubahan-perubahan kecil itu akan memberikan dampak besar di masa mendatang. Jika Anda gigih melakukan kehendak Allah, Anda akan menerima damai sejahtera yang telah disediakan bagi Anda.

Responding Tip:

“Oleh karena itu, janganlah putus asa, sebab kalau kalian tetap percaya, maka ada upah yang besar untuk itu!” (Ibrani 10:35, BIMK)

Sumber : abbalove.org

Posted in Marketplace

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test