tagline fgbmfi

Ciptakan Disiplin dalam Bekerja dengan Lima Strategi Ini

1505564346120SALAH satu kunci bagi Anda untuk mencapai kesuksesan adalah disipin dalam bekerja. Dengan disiplin, pola kerja Anda akan menjadi lebih teratur, sehingga akan memberi imbas positif pada kualitas dan hasil kerja Anda. Menjalankan sikap disiplin ini memang bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Namun, jika disipilin sudah menjadi kebiasaan Anda maka semua bakal terasa mudah untuk dijalankan. Disiplin itu bukan perkara bisa atau tidak bisa, tapi mau atau tidak mau.

Karena itu, bagi Anda yang selama ini sangat sulit untuk medisiplinkan diri di tempat kerja, mungkin ada baiknya mengikuti tips ini :

1.Buat daftar tugas dan hidup Anda

Buatlah daftar tugas dan hidup Anda. Pisahkan dan perjelas jadwal antara keduanya agar Anda bisa menjalankan pekerjaan dengan baik, sekaligus memiliki kehidupan yang menyenangkan. Dengan adanya daftar tugas, Anda bisa membagi waktu kapan harus bekerja dan kapan saatnya bisa bersantai. Terapkan aturan itu dengan baik, dengan memaksa diri untuk bekerja di saat Anda memang harus bekerja. Jangan pernah menyetop pekerjaan di tengah jalan jika lelah atau jenuh. Cukup istirahat sejenak, dengan melakukan meditasi atau peregangan atau lainnya, kemudian lanjutkan lagi bekerja. Percayalah bahwa Anda akan lebih bahagia menjalani aktivitas kehidupan Anda di luar bekerja jika sudah menuntaskan semua tugas-tugas atau pekerjaan Anda.

2. Tetapkan target

Tetapkan target bekerja yang akan Anda capai. Susun target tersebut juga berdasarkan skala prioritas dan jangan merubahnya. Usahakan tidak melanggar target tersebut lantaran sekali saja Anda tak mematuhinya maka Anda kemungkinan akan mengulanginya lagi. Tetapkan target setinggi-tingginya dan lakukanlah upaya maksimal untuk mencapainya. Anda tidak akan mengetahui batas kemampuan Anda jika hanya menetapkan target biasa-biasa saja. Jika Anda bisa berhasil mencapai target tersebut maka Anda akan semakin dekat dengan kesuksesan. Kesuksesan diraih dengan kerja keras dan konsisten melakukannya.

3. Tanggung jawab

Jadilah pribadi yang bertanggung jawab atas semua prilaku Anda dan jangan mencari kambing hitam atas kesalahan yang Anda lakukan. Hal ini sama dengan mendisiplinkan diri dalam menanggung semua risiko perbuatan yang Anda lakukan. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab dengan mengakui kesalahan, meminta maaf dan berjanji memperbaiki semua kesalahan yang Anda perbuat. Cara ini akan membuat Anda lebih dihargai dan dihormati orang lain karena sangat jarang orang yang memiliki rasa tanggung jawab dalam dirinya di tempat kerja.

4. Kurangi kebiasaan negatif

Berusahalah untuk mengurangi kebiasaan negatif atau tidak baik dalam bekerja, seperti menunda-nuda menyelesaikan pekerjaan karena deadline masih lama. Padahal jika Anda menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline, Anda bisa segera mengerjakan pekerjaan lainnya, sehingga pekerjaan tidak menumpuk

5. Latihan

Nah, jika selama ini Anda belum bisa disiplin, maka banyaklah berlatih. Keinginan dan niat yang kuat tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak segera melakukannya. Semakin menunda untuk berdisiplin, Anda justru makin mengaburkan keinginan itu. Memang untuk menjadi pribadi yang disiplin tidak bisa dilakukan dalam sekejap dan sudah pasti banyak godaaan jika tekad Anda tak cukup kuat. Anda bisa jadi gagal melakukannya di latihan pertama atau kedua tapi selama Anda ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan orang yang sukses maka jangan pernah menyerah untuk menjadi disiplin.

Posted in Marketplace

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test