tagline fgbmfi

Cara Bisnis Laris Manis di Tengah Pesaing

Toko1Dunia bisnis terbuka luas bagi setiap kalangan tanpa batasan usia, pendidikan, ras, suku, status sosial dan agama. Hal ini terbukti sebagian pebisnis sukses justru berlatar belakang dari keluarga sederhana. Kehidupan keras yang dialami ketika masih berusia belia, membentuk pribadi tangguh, pekerja keras dan pantang menyerah. Pengalaman masa lampau merupakan ilmu pengetahuan tentang cara bisnis yang benar. Kemampuan yang telah dimiliki akan mempermudah saat pengajuan modal dan kerjasama antar sesama pebisnis.

Kategori kesuksesan berbisnis ialah produk terjual dalam jumlah besar pada jangka waktu singkat. Keberhasilan tersebut merupakan tanda bahwa masyarakat merespon baik dan berminat terhadap ide baru Anda. Penjualan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Kualitas dan kuantitas produk harus dipertahankan agar konsumen bertambah meski pesaing berdatangan. Penyegaran cara bisnis harus dilakukan secara berkala untuk menghindari kebosanan konsumen. Singkirkan pesaing dengan cara memperbaiki sistem dan manajemen perusahaan.

Pesaing atau kompetitor hanyalah pihak yang ingin meniru jejak sukses Anda. Ambil sisi positifnya, yakni sebagai penyemangat supaya bisnis semakin maju. Kembangkan strategi dan asah kreativitas untuk memperbaharui produk. Buatlah pesaing kualahan dan akhirnya bosan karena selalu ada hal baru dari perusahaan yang Anda pimpin. Rangkul mereka dengan tangan hangat sebagai kawan bukan lawan.

Cobalah bekerja sama dengan pesaing, tawarkan bagi hasil yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Modal berupa uang saja tidak cukup, perbanyaklah jaringan dengan kolega terpercaya. Poin penting yang wajib Anda miliki untuk menjaga produk agar tetap laris manis di tengah serbuan kompetitor yaitu:

- Fokus pada tujuan awal

Tujuan Anda membangun bisnis pasti untuk mencapai titik tertinggi, yaitu kesuksesan. Fokuskan pikiran pada pencapaian target perusahaan tanpa melihat sejauh mana langkah pesaing. Sedikit saja Anda lengah, peluang bisa menjadi milik orang lain. Sukses sejatinya ialah kecepatan mengambil peluang lebih gesit dan agresif.

Rincikan secara tertulis dengan detail perihal semua yang sudah direncanakan. Bentuk tim yang benar-benar solid dan loyal untuk bergotong royong mencapai satu tujuan itu. Tentukan periode waktu tertentu sebagai batasan penentuan keberhasilan strategi yang telah disepakati.

- Selesaikan kendala

Perjalanan bisnis tidak semudah rencana yang tertulis rapi pada business plan. Terkadang, keadaan lapangan justru berbanding terbalik dengan prediksi masa depan. Tanggap terhadap kendala ialah jalan keluar bagi hambatan yang menghadang. Segeralah bentuk tim guna menyusun solusi dan pecahkan masalah dengan bijak. Diskusikan untuk beberapa rencana cara bisnis yang baru untuk menyelamatkan perusahaan. 

Cobalah satu per satu cara sampai situasi bisnis kembali normal. Masalah A misalnya, buatlah solusi X, Y dan Z. Cadangan pemecahan masalah ini berguna ketika cara pertama belum berhasil, lanjutkan sampai terselesaikan. Diperlukan pemikiran yang singkat dan tepat untuk menghadapi kendala dalam berbisnis. 

- Promosi berkala

Pengenalan produk di awal bisnis harus dilakukan supaya masyarakat mengetahui keluaran perusahaan Anda. Setelah berhasil menyita banyak pasang mata, maka pertahankanlah dan tingkatkan jumlahlah. Jangan sampai masyarakat membeli produk Anda hanya karena rasa penasaran saja, bukan untuk pemenuhan kebutuhan. 

Promosi secara berkala atau memperkenalkan ulang produk ialah trik untuk menggandeng konsumen setia. Ikat mereka dengan tali kepercayaan, profesionalisme, dan konsistensi. Rekomendasi dari konsumen sebenarnya merupakan promosi yang terjadi secara tidak sengaja. Rantai pemasaran bersumber dari respon positif yang diceritakan kepada kerabat. 

- Evaluasi hasil


Keberhasilan tujuan bisnis terlihat jelas saat evaluasi berlangsung. Presentasi hasil pemasukan dan pengeluaran perusahaan menunjukkan seberapa besar laba yang diperoleh. Jawaban mengenai cara bisnis yang Anda terapkan, secara gamblang terulas disini. Lakukan evaluasi eksternal dengan memantau jumlah dan pergerakan pesaing. Kepekaan dan kecepatan mengambil peluang menjadi tonggak kesuksesan. Terpaan angin pembawa kendala tidak akan menggoyahkan karena kesiapan solusi sudah dimiliki.

Sumber : Kumpulan artikel bisnis

Posted in Marketplace

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test