tagline fgbmfi

Setiap Visi Besar Selalu Ada Penentang dan Pengkritiknya, Ini Cara Ampuh Menghadapinya

170526134548

Kita bisa menemui orang yang negatif dimana saja, di kantor, di komunitas bahkan di rumah kita. Satu hal yang pasti adalah perkataan-perkataan negatif tersebut akan mengalihkan fokusmu dan membuatmu bimbang atau bahkan bingung.

Kamu sudah tahu apa yang menjadi visimu, tujuanmu, suatu target yang telah Tuhan taruh di hatimu. Tetapi ada orang-orang yang menentangmu dan mengkritikmu yang berkata bahwa kamu tidak bisa melakukannya, kamu bukan orang yang tepat, kamu tidak memiliki kemampuan dan sumber daya dan banyak hal lainnya.

Belajar dari Nehemia

Kamu bukan orang yang pertama mengalaminya, ada banyak orang juga mengalami perjuangan serupa. Namun hari ini, mari kita coba belajar dari kisah Nehemia.  Dia bukanlah seorang pendeta atau imam. Dia seorang pengusaha atau mungkin pejabat pemerintahan. Saat itu banyak orang Israel yang ditawan oleh Kerajaan Persia.

Saat itu Israel sudah berada di pengasingan selama 70 tahun - dan Bangsa Persia mengijinkan Nehemia dan orang-orangnya pulang ke Israel. Yerusalem dalam keadaan hancur dan tidak terlindungi. Nehemia mendapat ide besar, "Aku ingin membangun kembali Yerusalem! Dan aku akan memulainya dengan membangun tembok-temboknya."

Langsung, tak menunggu lama ada banyak penentang yang muncul. Musuh bukan hanya datang dari luar, bahkan datang dari antara orang sebangsanya.

Hal tersebut mengingatkan kita bahwa hal yang baik sekalipun akan selalu ada penentangnya, bahkan hal itu bukan muncul dari luar saja, kadang bahkan dari orang-orang yang kita cintai dan mengasihi kita juga.

Cara musuh menggagalkan kita

Musuh-musuh Nehemia mencoba segala cara untuk menggagalkan usahanya membangun tembok Yerusalem. Mereka mengejeknya, menyebarkan rumor dan juga ancaman. Ketika semua itu tidak berhasil menggoncang Nehemia, mereka mencoba memperlambat langkahnya dengan mengajaknya diskusi. 

Ingatlah ini : para pengkritik dan penentangmu berusaha menghalangimu untuk menggenapi rencana Allah - mereka juga akan menggunakan cara-cara yang serupa saat menghalangi Nehemia. Mereka akan mengolok-olok kamu, menyebarkan rumor atau gosip tentangmu, dan bahkan mengancammu untuk berhenti melakukan apa yang Tuhan mau kamu kerjakan. 

Cara meresponi para penentang

Daripada mendengarkan omongan mereka, mari belajar respon Nehemia ini: 

Lalu aku mengirim utusan kepada mereka dengan balasan: "Aku tengah melakukan suatu pekerjaan yang besar. Aku tidak bisa datang! Untuk apa pekerjaan ini terhenti oleh sebab aku meninggalkannya dan pergi kepada kamu!"

Sampai empat kali mereka mengirim pesan semacam itu kepadaku dan setiap kali aku berikan jawaban yang sama kepada mereka. (Nehemia 6:3-4)

Kita tidak perlu melawan pada penentang dan pengkritik kita. Billy Graham pernah berkata kepada Rick Warren seperti ini, "Kamu bisa bergulat dengan babi, tetapi hanya salah satu dari kamu yang akan menikmatinya." Billy Graham benar! Jika kamu menanggapi orang-orang yang menyerangmu dengan perkataan negatif, kamu hanya buang-buang waktu saja!

Nehemia tidak mempertahankan dirinya. Dia tidak perlu melakukannya. Dia hanya mengabaikannya. Milikilah iman bahwa Tuhan yang akan membelamu dan membuktikan bahwa visi dan pendirianmu, dan juga pekerjaan yang kamu sedang lakukan hari ini adalah benar. Waktunya akan tiba dimana Allah akan membuatmu bersinar dan membungkam para penentang-penentangmu. 

Sumber : Crosswalk.com

Posted in Marketplace

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test