tagline fgbmfi

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Daya Pikir

4 rahasia untuk bisa berpikir kritisApakah Anda termasuk orang yang cepat lupa akan suatu hal? Waspadalah, itu bisa jadi dikarenakan faktor daya ingat dan daya pikir Anda yang mulai menurun. Banyak faktor yang menyebabkan Anda menjadi cepat lupa, bisa karena pekerjaan yang terlalu berat, atau lantaran permasalahan keluarga yang sulit diselesaikan, dsb.

Dikutip dari situs International Men’s Health bahwa ada beberapa tips agar tidak cepat lupa dan membantu meningkatkan daya pikir Anda, diantaranya :

1. Segarkan Pikiran Anda

Selain tubuh, otak pun merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Otak tentunya harus memiliki jumlah waktu untuk beristirahat dengan cara melakukan penyegaran pikiran dengan berbagai metode. Otak memerlukan 80% air. Jika asupan air tidak tercukupi, saraf neuron yang merupakan saraf dalam mendukung daya ingat dan daya pikir Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

2. Tidur dengan Waktu yang Cukup

Secara tidak langsung, tidur pun membantu Anda dalam meningkatkan daya pikir dan daya ingat. Dalam riset kesehatan, seseorang diwajibkan untuk tidur dengan jumlah waktu paling sedikit 7-8 jam perhari. Hal ini bertujuan untuk lebih mengurangi rIsiko insomnia yang akan berdampak bagi kesehatan otak Anda.

3. Mengurangi Menonton TV

Menonton TV merupakan suatu kebiasaan yang tidak langsung dapat menganggu konsentrasi dan daya pikir Anda. Mengapa? Karena konsentrasi otak Anda akan terganggu dalam menyerap dan mengingat hal-hal yang positif dan otak Anda akan lebih terarah pada acara-acara yang setiap hari Anda tonton di TV.

4. Tingkatkan Minat Membaca

Membaca termasuk salah satu kegiatan yang membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi otak dan daya pikir Anda. Melalui membaca, Anda akan terbiasa dan cepat menyerap berbagai hal atau informasi positif lainnya di sekitar Anda.

5. Bercinta

Bagi yang sudah menikah, bercinta atau hubungan intim merupakan suatu hal yang sangat baik dalam meningkatkan daya pikir. Bagi pria yang bercinta selama 2 kali dalam seminggu akan memiliki risiko 50% terkena penyakit jantung dan juga penyakit lupa usia dini (pikun) dari pada orang yang jarang berhubungan intim dengan pasangannya. Apabila kondisi jantung dalam kondisi baik, daya ingat dan daya pikir pun akan berada dalam kondisi yang baik pula

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test