tagline fgbmfi

Puasa Baik Untuk Kesehatan, Lho. Kenali 6 Manfaatnya Berikut Ini!

puasaSaudara kita yang muslim telah menyelesaikan ibadah puasanya dan merayakan kemenangan Idul Fitri. Kita pasti pernah dengar atau baca kalau puasa tidak hanya dilakukan sebagai tradisi agama tertentu, melainkan juga bisa membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat.

Kalau menurut Alkitab, puasa adalah sesuatu yang baik, berguna dan perlu dilakukan.

Kisah Para Rasul 14:23, “Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka."

Ayat di atas mencatat kalau para rasul berpuasa sebelum mengambil sebuah keputusan penting. Puasa bagi orang percaya adalah melepaskan diri dari hal-hal duniawi dan berpusat kepada Allah. Atas alasan ini jugalah kenapa biasanya ketentuan berpuasa orang percaya berbeda-beda.

Selain sebagai sebuah tradisi bagi sebuah agama, puasa juga punya keuntungan bagi kesehatan, lho. Ini adalah beberapa diantaranya.

1.  Dinilai sebagai cara yang paling cepat untuk menghilangkan berat badan

Ada banyak penelitian yang mengemukakan hal ini. Berdasarkan sebuah studi di Universitas Southern California  menjelaskan bahwa saat kita berpuasa dalam satu hari, tubuh mengalami penurunan berat badan hingga 7 persen. Studi lainnya juga menyampaikan bahwa dengan berpuasa selama 5 hari berturut-turut dalam kurun waktu tiga bulan sekali bisa memperkecil bagian perut.

2.  Puasa meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan menusia

Pada hormon pertumbuhan, atau HGH, secara alami diproduksi oleh tubuh, namun hanya aktif pada aliran dara selama beberapa menit saja. Hormon ini sangat efektif untuk mengobati obesitas dan sekaligus membangun masa otot. Untuk meningkatkan kekuatan otot, kita bisa berpuasa sambil melakukan olahraga ringan.

3.  Berpuasa sangat membantu kurangi lemak dan mengoptimalkan pertumbuhan otot

Berpuasa dinilai memiliki dampak yang sangat positif pada masa tubuh. Seperti sudah disebutkan, puasa sangat efektif dalam mengurangi kelebihan lemak sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan otot karena produksi HGH. Biasanya para atlet dianjurkan pada masa latihan.

4.  Puasa baik untuk menjadikan tingkat sensitivitas insulin normal

Ketika tubuh menerima terlalu banyak karbohidrat dan gula, tubuh bisa menjadi sangat resisten terhadap insulin. Hal ini sama saja seperti kita membuka pintu pada sejumlah penyakit kronis termasuk diabetes.

5.  Menormalkan tingkat ghrelin

Hormon yang dikenal sebagai hormon lapar ini bertugas untuk memberitahu tubuh saat lapar. Diet dan membatasi makanan akan meningkatkan produksi ghrelin, sehingga kita selalu merasa lapar sepanjang waktu. Sementara puasa membuat level hormon ini menjadi normal, meskipun pada awalnya memang terasa berat. Tetapi ketika kita sudah mulai terbiasa, tubuh akan menjadi lebih pintar dalam membedakan kapan waktu yang tepat untuk makan.

6.  Menurunkan kadar trigliserida

Saat kita terlalu banyak mengonsumsi kolesterol jahat, kadar trigliserida pun akan semakin naik yang mengakibatkan risiko penyakit jantung. Puasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat namun tidak memengaruhi kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Nah, dari manfaat di atas, kita bisa menyimpulkan kalau berpuasa tidak sama dengan membiarkan tubuh menjadi kelaparan. Meskipun puasa sangat baik dilakukan, ada baiknya ibu hamil atau menyusui tidak melakukan puasa sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Sumber : draxe

Posted in Kesehatan

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test