tagline fgbmfi

Mencari Sosok Teman Sejati

teman sejatiKadang pertemanan yang terlalu akrab menyisakan kesedihan saat terjadi perpisahan. Apa yang sebaiknya kita lakukan agar selalu bisa menjalin lebih banyak pertemanan yang membawa kebahagiaan?

Ditinggal pergi teman satu-persatu adalah hal yang biasa. Ada saat bertemu, ada juga saat berpisah. Teman lama pergi, teman baru datang lagi. Semua berputar karena memang hukum alamnya sudah seperti itu.

Teman yang tidak punya ikatan kuat dengan Anda pergi menjauh, mungkin tidak jadi masalah untuk Anda. Yang menjadi masalah adalah ketika teman baik Anda pergi menjauh dari Anda. Sedih, kecewa dan sejuta perasaan lain tentu berkecamuk di benak dan hati Anda.

Memikirkan terus-menerus tentu akan membuat Anda menjadi manusia yang tidak produktif. Berbenah diri lalu memulai kembali segalanya dari nol, akan membuat Anda paham makna pertemanan yang sebenarnya.

Beberapa hal di bawah ini bisa Anda jadikan rujukan dan renungan untuk terus melangkah, meski teman terbaik menjauh dari Anda:

- Kualitas Pertemanan.  Banyak yang sering beranggapan mereka memiliki teman akrab, tapi tidak paham kualitas pertemanan seperti apa. Apakah pertemanan itu berat sebelah? Hanya satu pihak saja yang membantu? Atau apakah pertemanan itu dilandasi sebuah ketulusan bukan karena keinginan untuk mendapatkan sesuatu? Sudah saatnya Anda intropeksi untuk itu. Jika memulai pertemanan dengan tidak tulus karena ingin mendapatkan keuntungan semata untuk Anda pribadi, maka wajar saja jika teman itu pergi menjauh dari Anda.

- Tidak Seimbang.  Pertemanan itu seimbang. Memberi dan menerima dalam porsi yang seimbang. Bukan berat sebelah. Jika Anda suka mengeluh, maka seimbang itu artinya Anda juga mau meluangkan waktu ketika teman Anda melakukan hal yang sama. Jika Anda suka menyakiti perasaannya dan beranggapan dia akan selalu memaafkan, jangan salah jika karena hal itu ia bisa meninggalkan Anda. Ia merasa bukan sedang menjadi teman Anda, tapi hanya menjadi orang yang sedang dimanfaatkan oleh Anda.

- Waktu yang Terbuang.  Berteman itu artinya mau meluangkan waktu untuknya. Dan waktu itu yang tanpa sadar terbuang percuma. Karena pertemuan bisa melebar dari waktu yang sudah ditetapkan. Berpikir positif saja, ditinggal oleh teman itu artinya Anda mempunyai waktu kosong. Dan saatnya Anda untuk mengisi waktu kosong itu dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Dengan begitu rasa kehilangan tidak terlalu Anda rasakan.

- Menjadi Diri Sendiri.  Berteman akrab, dua menjadi satu, seringnya membuat Anda lupa menjadi diri sendiri. Jika teman Anda adalah teman yang memang kualitasnya baik, maka Anda tidak sadar ingin meniru dan akhirnya menjadi duplikatteman Anda itu. Ditinggalkan olehnya itu artinya memang sudah saatnya Anda menjadi diri sendiri. Anda jadi punya waktu untuk mengenali diri Anda dan tidak menjadi bayang-bayang orang lain.

- Jadilah Teman Sejati.  Mungkin Anda merasa sakit hati karena ditinggalkan, tapi itu bukan berarti Anda bisa melakukan hal yang sama. Mulailah untuk belajar menjalin sebuah pertemanan. Berbaik sangka pada orang lain dan memberi yang terbaik untuk sebuah pertemanan, tanpa mengharapkan imbalan dari apa yang Anda lakukan.

Dengan cara seperti itu, teman yang menghilang dan menjauh dari Anda, suatu saat akan datang kepada Anda kembali.

Sumber : andriewongso.com

Posted in Inspirasi

lt ad-1004 powerpoint templates title slide rev

  •  BRA-Q       Crapoe-Seafood-Restaurant copy
  • chemindo   Logo Puri Saron Hotels 
  • prego

Copyright © 2013 Communication & Publication Department FGBMFI Indonesia

Website Security Test